Rabu, 24 April 2013

Belajar Islam MNC Muslim

Jakarta, bimasislam—Salah satu program televisi berbayar di Indonesia yang amat concern pada model dakwah Islam rahmatan lil ‘alamin adalah MNC Muslim TV, Channel 97 (Indovision). Salah satu program unggulannya adalah rubrik Belajar Islam. Program ini merupakan program kerjasama nirlaba antara Indovision dengan Konsorsium Belajar Islam, yaitu Alimat, Muhammadiyah, NU, UIN Jakarta, dan Yayasan Wakaf Paramadina. Gabungan beberapa lembaga dan organisasi Islam terbesar di Indonesia ini dikoordinasi oleh Yayasan Wakaf Paramadina.
Program Belajar Islam dikemas dalam format talk show yang membincang beragam tema, dimana penanggung jawab dari lembaga atau organisasi yang menjadi konsorsiumnya mengelola tema tertentu dan tayang pada hari tertentu. Untuk Alimat mengelola tema perempuan dan keluarga; Muhammadiyah mengelola tema tentang sosial-ekonomi; NU mengelola tema fikih; UIN Jakarta mengelola tema politik Islam dan sejarah Islam; serta Yayasan Wakaf Paramadina mengelola tema tasawuf dan Islam Abad 21.
Berdasarkan pantauan bimasislam, materi-materi yang disampaikan oleh para pakar dalam program Belajar Islam menggunakan pendekatan Islam rahmatan lil ‘alamin, yaitu cara pandang Islam moderat. Konsorsium memandang bahwa merupakan kewajiban umat Islam untuk membangun Islam Indonesia yang damai, ramah, menghargai keberagaman, dan menghargai kekayaan khazanah pengetahuan yang dikembangkan di dunia Islam selama berabad-abad. Acara ini tidak menawarkan Islam doktrin, atau Islam politik yang mudah menyalahkan kelompok Islam lainnya.
Para pakar yang pernah mengisi acara tersebut diantaranya adalah Azyumardi Azra, Nasaruddin Umar, Muslim Nasution, Fuad Jabali, Musdah Mulia, dan lain-lain. Berdasarkan run down program dari MNC Muslim, program Belajar Islam tayang setiap Senin sampai Ahad pada pukul 20.00 s/d 21.00 WIB melalui televisi berlangganan Indovision (MNC Muslim, Channel 97). Program ini hadir pertama kali di Indonesia sejak 28 Februari 2011.
Selain program Belajar Islam, program lain yang bernuansa Islam juga ditayangkan MNC Muslim, baik yang diproduksi sendiri atau berupa tayang ulang dari program-program TV dalam jaringan MNC Group. Beberapa acara tersebut diantaranya Maha Kasih, Dapur Aisyah, Kisah Kisah Duafa, Siraman Qalbu, Majelis Cinta, Visi Zakat, Renungan Malam, Kultum, Ujang Santri, Telaah Lega, Ngaji Bersama-sama, Gerbang Islam Nusantara, Khazanah Islam, Ya Rasulallah, Kisah 25 Nabi dan Rasul, Hikmah Fajar, Dai Dai'ah, Dakwah TPI, Bengkel Hati, Taman Hati, Nikmatnya Sedekah, Cermin Hati, Cerita Sahabat, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar