Jumat, 10 Mei 2013

Aplikasi Muslim Berbasis Smartphone

Jakarta, bimasislam-- Menghadapi era teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, sudah selayaknya pemerintah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif dalam rangka menghadapi banyaknya perubahan yang terjadi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (information and comunication/ICT) di dunia semakin meluas. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan ICT di berbagai bidang, tidak terkecuali bidang Agama. Di antara teknologi komunikasi yang digunakan masyarakat dewasa ini adalah telepon genggam/handphone pintar. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi Islami berbasis smart phone untuk memberikan layanan kepada masyarakat.
“Kami menyambut baik, rencana kerja yang diusulkan PT. Samsung Electronic Indonesia terkait dengan aplikasi Muslim berbasis smartphone. Aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang mobilitasnya tinggi. Kami juga sedang mengembangkan beberapa aplikasi layanan masyarakat yang meliputi aplikasi penentu arah kiblat, jadwal waktu shalat, pendaftaran on-line pernikahan, publikasi produk halal, kuliner/restoran halal, kosmetik halal, hotel Islami, data kemasjidan dan sebagainya.” Demikian dikatakan oleh Dr. H. Muchtar Ali, M. Hum, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, ketika menerima audiensi dari PT. Samsung Electronic Indonesia, diruang kerjanya. (30/4)
Oleh karena itu, lanjut Muchtar, “Kami menyarankan agar PT. Samsung segera membuat surat tindaklanjut untuk menjalin kerjasama antara PT. Samsung dengan Kementerian Agama, sehingga kerjasama dapat segera dilakukan dan berjalan dengan lancar. Kami segera akan menyiapkan materi-materi yang dibutuhkan”.
Aplikasi Muslim yang ditawarkan oleh PT Samsung Electronic Indonesia mencakup penentuan arah kiblat, perhitungan awal waktu shalat, kalender Hijriyah, perhitungan zakat dan lokasi masjid. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mobile phone yang berbasis smartphone, seperti; Samsung Android, Blackberry, Iphone, atau pun Windows Mobile.
“Kami dari PT. Samsung Electronic Indonesia mohon dukungan dan narasumber serta materi-materi untuk kita tampilkan dalam aplikasi tersebut. Penyiapan bahan materi meliputi materi arah kiblat, jadwal waktu shalat, haji, al-Qur’an, produk halal, data masjid dan pernikahan”, harap Handi Priono, Ketua Divisi Service Innovation PT. Samsung Electronic Indonesia. [jml/foto: bimasislam]

Sumber : http://bimasislam.kemenag.go.id

0 komentar:

Posting Komentar